https://www.instagram.com/p/CSCGWD8J6Ig/
RIBUT RIBUT FUNNELING ATAU FLYWHEEL.
Mana lebih baik Funneling atau Flywheel?
Semua bisnis mau offline kek, online kek tujuannya mengubah STRANGER menjadi CUSTOMER.
Pembeli yang baru beli sekali disebut Consumer. Pembeli yang beli lagi beli lagi disebut Customer atau Pelanggan.
Step by stepnya begini :
1. Stranger ke Visitor : Ibarat trafik Mall yang mampir ke toko kita. Atau jaman now trafik Market Place digiring ke lapak kita dengan sebuah atraksi.
2. Visitor ke Leads : pengunjung diminta ngisi buku tamu berupa Nama, no WA, alamat email dengan alasan kalau ada produk baru dikabari.
3. Leads menjadi Consumer : ditawari macam macam keuntungan kalau membeli HARI INI. Ada diskon, ada bonus, ada cashback dengan scarecity (batas waktu) tentunya.
Ini yang disebut strategi FUNNELING. Dan setiap tahap butuh MAGNET TRANSAKSI.
Jaman dulu Pembeli dibuat Loyal pada brand kita sehingga selalu beli legi beli lagi.
Tetapi jaman NOW brand loyalty saja tidak cukup. Selain loyal pada brand, Customer dituntut menjadi PROMOTERS dari Brand atau Produk kita.
Disini anda butuh MAGNET BRANDING.
Promoters ini yang lalu disebut sebagai Evangelist atau Brand Advocate tergantung tingkat konsumsinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar